Rasa senang ketika memberi itu adalah sebuah anugerah

Memberi kepada mereka yang membutuhkan adalah suatu hal yang mulia. Ketika memberi justru kita mendapatkan sebuah perasaan senang berupa rasa syukur yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Itulah yang dialami Tim Papillon Media Group pada Jumat, 19 Juli 2013 lalu, saat melakukan aksi sosial Silver Butterfly Cares pada tiga buah panti asuhan: Muslimin Jaya Putra, Panti Asuhan Parapatan dan Panti Yatim Indonesia. Suasana haru menyelimuti Tim Papillon Media begitu menyambangi semua panti asuhan tersebut satu-persatu.

Pada Panti Asuhan Muslimin Jaya Putra, momen pertemuan dilakukan di Masjid Baitul Rahman, Manggarai. Penyambutan berlangsung begitu hangat. Anak-anak panti berkumpul begitu ramai dengan mengenakkan baju koko dan peci (anak laki-laki), dan para anak-anak perempuannya rapi dengan mukena. Suasana haru menyelusup begitu momen simbolis penyerahan dilakukan.

Saat Faisal Rahim, Pemimpin Redaksi Majalah Popular dari Papillon Media Group, menyerahkan jumlah uang tunai sebesar Rp 15.300.000,- kepada pihak pengurus panti asuhan, terdengar adzan berkumandang. Suasana yang tadinya riang-gembira berubah menjadi sangat mengharukan. Itu yang dirasakan Tim Papillon Media dengan aksi sosial Silver Butterfly Cares-nya di panti asuhan pertama.

Panti asuhan berikutnya pun menunggu. Saat waktu jam tangan menunjukkan waktu menjelang sore, Tim Papillon Media bergegas menuju arah Otista di Jakarta Timur. Panti Asuhan Parapatan menunggu dengan anak-anaknya yang ceria.

Sedikit berbeda dengan panti asuhan sebelumnya, atmosfir penyerahan dana bantuan tunai sebesar Rp. 15.300.000,- lebih terasa sedikit kasual. Panti Asuhan Nasrani yang sudah berdiri sejak zaman kolonial Belanda ini berdiri di bangunan-bangunan tua berupa paviliun yang menjadi rumah tinggal anak-anak panti.

Berbuka puasa bersama

Dan pada akhirnya, mendekati waktu berbuka puasa, Tim Papillon Media menyelesaikan perjalanan aksi sosial Silver Butterfly Cares dengan menyambangi Panti Yatim Indonesia di bilangan Tebet, Jakarta Selatan. Kurang-lebih ada 100 anak panti yang diberikan dana sebesar Rp. 15.300.000,-, yang pemberiannya dilakukan secara simbolis oleh Faisal Rahim kepada pengurus panti, Nana Mulyana.

Suasana ramai menyelimuti ruang tamu yang disulap menjadi aula besar sebagai saksi bisu berjalannya aksi sosial tersebut. Beberapa personil tim dari Papillon Media terlihat terdiam saat melihat jalannya momen tersebut.

Rasa haru timbul dalam hati masing-masing. “Sangat terasa sekali kalau kondisi anak-anak ini bisa membuat perasaan menjadi sangat tersentuh. Sampai nggak sadar mata jadi berair karena haru,” ujar Rien Saptarina, Event Manager dari Tim Papillon Media.

Harapan tercapai

Dana yang disumbangkan Tim Papillon Media ini sendiri didapat dari momen ulang tahun Majalah Popular ke-25 kemarin yang semarak. Tapi apakah aksi sosial yang dilakukan semata-mata hanya ingin melakukan aksi sosial saja? Ternyata ada semangat yang dalam dibalik itu semua.

“Kami juga ingin memberikan pesan kepada anak-anak (panti asuhan) ini kalau sesuatu itu tak ada yang impossible. Harapan mereka pasti bisa mereka capai. Walaupun mereka di panti asuhan, tapi masih banyak yang care dengan mereka,” jelas Ady Sumakarta dari Event & Talent Campaign Papillon Media Group.

Keramaian acara berbuka puasa bersama anak-anak panti juga dibarengi tiup lilin kue ulang tahun. Ya, salah satu Popular Angels, Putri, memilih mengadakan acara tiup lilin hari ulang tahunnya di tengah-tengah anak-anak Panti Yatim Indonesia sekalian juga ikut memberikan dana kepada anak-anak tersebut. Memberi itu memang tak mustahil dilakukan. “Sangat bahagia dan bersyukur bisa berbagi di bulan puasa ini,” demikian Faisal Rahim. Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini pun makin terasa syahdu di dalam setiap hati anak-anak panti tersebut dan seluruh Tim Papillon Media.

Photos: Okie AZ
Author: Orlando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here